. Kala Langit Malaysia TERBELAH Oleh Jupiter TNI AU | PATRIOT NKRI

Kala Langit Malaysia TERBELAH Oleh Jupiter TNI AU

atas
loading...
Patriot NKRI - Performa tim aerobatik TNI AU Jupiter Arobatic Team (JAT) di ajang Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA 17) Malaysia pada tanggal 21-25 Maret 2017 lalu makin mempesona.  Kalau di hari-hari awal mereka sempat mencuri perhatian publik, maka menjelang akhir kegiatan, The Jupiter (sebutan lain untuk JAT) telah memikat perhatian tim aerobatik Republik Korea Black Eagles.
Baca Juga: Legendaris..! Generasi Terakhir Penunggang Kuda Liar P-51 Mustang
Ketertarikan  Black Eagles ditunjukkan dengan "mengajak" JAT melakukan terbang bersama dalam sebuah formasi terbang flypass.   Gayung pun bersambut, JAT menerima ajakan tersebut, dan terjadiah sebuah "adegan" terbang bareng antara JAT dengan Black Eagles.  Enam  pesawat KT-1 wong bee yang bermesin baling-baling (Propeler) berkolaborasi dengan delapan pesawat T-50 yang bermesin jet.  Sebuah pemandangan di langit yang sangat cantik dan langka.
   Kedua tim aeroatik ini mempertontonkan pertunjukan arobatik yang exotik,  selama kurang lebih 15 menit dengan empat formasi.  Formasi pertama enam pesawat JAT berada di depan dan formasi kedua giliran Black Eagles yang berada di depan, kedua formasi ini membentuk head arrow. Pengunjung LIMA 17 pun dibuat terdecak kagum dengan aksi kedua tim aerobatik ini.  Selanjutnya pada formasi ketiga dan keempat kedua tim aerobatik memisahkan diri dengan membuat manuver roll.
Baca Juga: MANTAP JIWA...! Inilah Deretan Senjata-Senjata LEGENDARIS KOPASSUS. [Nomor 5 Sangat SPESIAL] Kamu Wajib Tahu...!
Mission Commander JAT Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ir, Novyan Samyoga menyatakan apreciate dengan frienship flight JAT dan Black Eagles.  Menurutnya moment langka ini menambah pengalaman baru bagi kedua tm aerobatik. Meskipun kedua jenis pesawat yang digunakan memiliki perbedaan pada engine, namun dengan koordinasi dan perhitungan yang presisi semua dapat dilaksanakan dengan baik.
"Ini merupakan pengalaman bagus bagi kedua tim aerobatik, bagaimana masing-masing tim aerobatik dapat merasakan dan memanage skill dalam terbang formasi dengan menggunakan jenis pesawat yang berbeda" ucap Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga.

Diserbu Penonton

Usai dibuat berdecak kagum dengan aksi akrobatik dan manuver dari keenam pesawat yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT), penonton berasal dari berbagai negara, seperti Malaysia, Singapura, serta dari Eropa dan Amerika, berebutan untuk meminta foto bersama, bahkan selfie dengan pilot serta kru JAT. 
Baca Juga: Mengagumkan..! Inilah Kehebatan SANG LEGENDA, SNIPER ELIT Berkaliber DUNIA Dari Indonesia..
"Alhamdulillah, selama tampil, bisa memberikan yang terbaik, dan usai tampilpun kita diserbu penonton untuk berfoto bersama," kata  Flight Leader JAT, Letnan Kolonel Penerbang (Letkol Pnb) HM "Razor" Kisha.

loading...